Keamanan Jaringan , Data Komputer untuk Internet dan Intranet

Posted on 00.53 | By wiki arto sunandar | In

   Kemananan Jaringan / Network Security

Pendahuluan
Kemanan Jaringan / Network Security memiliki definisi tentang keamanan jaringan dan perangkat keras yang bersangkutan .Perangkat keras seperti komputer , server dan perangkat jaringan merupakan satu kesatuan komponen yang bekerja sama untuk menciptakan hubungan dan saling terkoneksi untuk kebutuhan komunikasi data. Di salah satu sisi sejak berkembangnya teknologi internet yang menyebabkan kebutuhan untuk berhubungan dengan dunia luar untuk proses pertukaran data dengan menggunakan teknologi internet semakin menjadi kebutuhan utama dikarenakan proses tersebut mendukung kegiatan operasional dan mempercepat proses transaksi di perusahaan . Untuk itu diperlukan adanya infrastruktur perangkat jaringan yang memadai dan juga melakukan proses monitoring terhadap kegiatan transaksi pertukaran data tersebut dengan dunia luar ( Internet ) .
Keamanan Jaringan / Network Security untuk keperluan pengamanan jaringan intranet dan perangkat internet membutuhkan pengetahuan tentang teknologi Jaringan yang cukup untuk menganalisa kejadian-kejadian yang berkaitan dengan keamanan jaringan itu sendiri . Semakin banyaknya aplikasi-aplikasi yang di publish atau ditampilkan melalui internet menyebabkan aplikasi-aplikasi tersebut dapat dilihat oleh semua orang yang dapat menggunakan internet , di lain sisi beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab berusaha mengakses data-data yang tersimpan di server data aplikasi internet tersebut dengan cara yang tidak seharusnya dengan menggunakan berbagai macam metode .
Belakangan ini, pencurian identitas pribadi melalui media internet semakin marak. Yang menjadi target biasanya nomor kartu kredit, password account bank maupun informasi-informasi sensitif lainnya. Caranya bisa melalui phishing, email scan atau menggunakan piranti yang sanggup melacak gerak gerik kebiasaan user ketika mengakses situs –situs web nternet . Kemungkinan kebocoran informasi ini tidak saja bisa menimpa kalangan personal, tapi juga korporat. Bahkan tidak tertutup kemungkinan kebocoran itu datang dari orang dalam sendiri.
Melihat data dari Computer Security Institute , 71% serangan kedalam system jaringan komputer terjadi dari dalam ( intranet ) Artinya, yang menyebabkan orang luar dapat masuk ke sistem adalah kelalaian dari dalam sendiri, baik karena tidak melakukan pembaharuan sistem (patching) atau mengganti password secara berkala .
Kelalaian ini menjadi lebih besar dampaknya, manakala suatu perusahaan memiliki jaringan komputer yang tersambung ke Internet, karena perusahaan tersebut seolah-olah berada di satu lapangan terbuka yang dapat diserang setiap saat dari berbagai arah. Penggunaan Internet sebetulnya merupakan satu solusi untuk meringankan biaya
komunikasi, karena dengan metode sharing dalam satu jaringan,kita dapat membiayai seluruh jaringan dengan nilai yang lebih rendah daripada membangun sendiri sistemnya.
Peningkatan penggunaan jaringan Internet menyebabkan beragamnya pemakai di jaringan Internet, sehingga praktisi lapangan serta teknologi yang dipakai tidak mampu melindungi sistem dari serangan orang iseng atau yang memang punya niat negatif. Untuk melindungi jaringan komputer di dalam jaringan, solusinya adalah dengan mengimplementasikan peranti yang mampu melindungi sistem dengan baik.
Peranti tersebut tetap tidak akan bermanfaat jika tidak ada staf yang selalu memantau jaringan dan secepat mungkin mencegah penyerangan serta memperkecil resiko kerusakan jaringan komputer.

1. Kemanan Jaringan / Network Security 

1.2 Arsitektur Keamanan Jaringan / Network Security Architeture
Aristektur keaman jaringan / Network Security Architecture Kumpulan dari komponen (fungsional) security, hubungan antara komponen tersebut, dan kegiatan (operasional, prosedur) untuk mengamankan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan
Arsitektur keamanan jaringan teknologi informasi memiliki beberapa komponen, yaitu :
1. kumpulan sumber daya yang tersentralisasi(centralized resource)
2. pengelolaan identitas (identity management)
3. sistem otorisasi (authorization system)
4. access control
5. pengelolaan kebijakan (policy management)
6. system pemantau (monitoring system)
7. security operation
8. intranet yang aman (secure intranet / LAN )
9. Internet yang aman(secure Internet).
10. Physical Security / Keamanan secara fisik .

Comments (0)

Posting Komentar